-->

Cara Membuat Histogram Di MiniTab

Cara Membuat Histogram Di MiniTab-Histogram adalah salah satu metode untuk membuat rangkuman tentang suatu data sehingga data tersebut dapat dengan mudah dianalisis. Data disajikan secara grafis tentang seberapa sering elemen-elemen proses muncul.

Histogram digunakan untuk menunjukan distribusi frekuensi. Distribusi frekuensi menunjukan seberapa sering nilai yang berbeda dalam satu set data yang terjadi. Data dalam histogram dibagi-bagi kedalam kelas-kelas, nilai pengamatan dari tiap kelas ditunjukan pada sumbuh X. Selain itu, histogram juga menunjukan kemampuan proses, hubungan dengan spesifikasi proses, dan angka-angka nominal, seperti rata-rata, dan lainya.

Histogram dapat berbentuk normal atau  berbentuk seperrti lonceng yang menunjukan bahwa banyaknya data yang terdapat pada nilai rata-ratanya. Bentuk histogram yang agak miring atau tidak simetris menunjukan bahwa banyak data yang tidak berada pada nilai rata-ratanya tetapi kebanyakan datanya berada pada batas atas atau bawah. Histogram mempunya beberapa manfaat, antara lain :
a. Memberikan gambaran populasi
b. Memperlihatkan variabel dalam susunan data.
c. Mengembangkan pengelompokan yang logis
d. Pola-pola variasi mengungkapkan fakta-fakta produk tentang proses.

Histogram bisa dibuat secara manual seperti artikel saya sebelumnya, bisa juga dibuat menggunakan excel, dan bisa juga dibuat dengan menggunakan minitab. Selain itu, banyak software-software statistik lainya yang juga bisa digunakan untuk membuat histogram.

Baca : Cara Membuat Histogram Di Microsoft Excel

Pada artikel ini saya akan membahas cara membuat histogram dengan menggunakan MiniTab.

Berikut langkah-langkah dalam membuat histogram di MiniTab.

Sebagai Contoh :
PT Sumber Urip Sejahtera adalah Perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan Kue Bolu. Setiap harinya perusahaan bisa membuat 5000 Kue Bolu rasa coklat. Dari 5000 Kue Bolu Tersebut, terdapat 500 Kue yang mengalami cacat produk, sehingga hanya 4500 kue yang bisa dipasarkan.

Terdapat 4 jenis cacat yang terjadi pada 500 kue bolu tersebut, diantaranya adalah :


Dari tabel diatas, cara membuat histogramnya adalah sebagai berikut :
1. Tulislah secara manual di Minitab Tabel Diatas. Pada  Kolom Tabel Jenis Cacacat Kue Bolu Ganti masing-masing jenis cacat menggunakan Angka. (jangan Copy-paste dari exel, karena tidak akan bisa running, sebaiknya tulis secara manual). Jangn Tulis Baris Tabel Total.


2. Klik Graph --- Lalu Klik Histogram, seperti gambar berikut :


3. Ada Beberapa Pilihan, Pilih sesuai keinginan dan kebutuhan, karena disini saya ingin histogram saya ada garis merah, dan supaya saya tahu bentuk lengkunganya, saya menggunakan With Fit, Anda juga bisa menggunakan itu, caranya klik With Fit. Kemudian Klik Ok


4. Pada Graph Variables Masukan Jenis Cacat, Dengan Cara Klik 2 Kali C1 Jenis Cacat seperti yang saya lingkari


Kemudian Klik Data Option, Lalu akan muncul seperti gambar dibawah ini, Klik Frequency, Isi Frecuency Variables (s) dengan Jumlah Cacat Kue Bolu, dengan cara Klik 2 Kali pada C2 Jumlah Cacat Kue Bolu. Kemudian Klik Ok




5. Grafik Histogram


Angka 1, 2, 3, 4 pada histogram diatas adalah menunjukan jenis cacat. Angka 1 menunjukan jenis cacat pertama yaitu Kue Tidak Mengembang, Angka 2 menunjukan jenis cacat kedua yaitu Warna Kue Tidak Sempurna, Dan Seterusnya.
Sedangkan Frekuensi pada histogram diatas menunjukan jumlah dari setiap jenis cacat.

Seperti itulah Cara Membuat Histogram Di Minitab. Semoga bisa jadi referensi. Selain bisa dibuat di Minitab, Dan Microsoft Excel, Histogram Juga bisa dibuat Secara Manual.

Baca : Cara Membuat Histogram Secara Manual

0 Response to "Cara Membuat Histogram Di MiniTab"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel