-->

Penjelasan 10 Peran Manajer Dalam Organisasi Menurut Henry Mintzberg

10 Peran Manajer dalam Organisasi menurut Henry Mintzberg - Manajer merupakan pelaku Manajemen, atau orang yang bertugas untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan mengatur bagaimana timnya bekerja mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Namun menurut penelitian Henry Mintzberg dalam bukunya yang berjudul Mintzberg on Management: Inside our Strange World of Organizations, Manajer sebenarnya memiliki 10 peranan dasar yang kemudian digolongkan menjadi tiga kategori dasar yaitu,

a. Interpersonel roles (peran antarpribadi) : Figurehead, Leader, Liason
b. Informational roles (peran informasional) : Monitor, Disseminator, Spokesperson
c. Decisional roles (peran keputusan) : Entrepreneur, Disturbance Handler, Resource Allocator, Negotiator.


Disini, saya akan jelaskan 10 masing-masing peran dari seorang manajer berdasarkan kategorinya yang dibahas Henry Mintzberg di bukunya.

10 PERAN MANAJER DALAM ORGANISASI MENURUT MINTZBERG.

a. Kategori Interpersonel Roles (Peran Antar Pribadi)
Kategori Interpersonel ini merupakan kategori peran seorang Manajer untuk memberikan informasi dan Ide. Terdapat 3 peran Manajer yang digolongkan ke dalam kategori ini, diantaranya adalah :

1. Sosok Atau Figur (Figurehead)
Seorang Manajer mempunyai tanggung jawab terhadap legal, sosial, seremonial dan juga bertindak sebagai simbol perusahaan. Seorang Manajer diharapkan menjadi patokan inspirasi. Contohnya adalah : seorang manajer biasanya akan melakukan hal-hal seremonial seperti menghadiri acara pemotongan pita peresmian, penandatanganan dokumen legal, menyapa tamu perusahaan, menjadi tuan rumah resepsi, dll.

2. Pemimpin (Leader) 
Seorang Manajer mempunyai tanggung jawab sebagai pemimpin dalam Team di departemen  atau di organisasinya. Menyeleksi dan Melatih bwahan serta mengelola kinerja dan memotivasi bawahanya.

3. Penghubung (Liaison)
Seorang Manajer wajib membangun dan menjaga komunikasi dengan kontak Internal perusahaan maupun kontak eksternal perusahaan. Sebagai contoh, Manajer berpartisipasi dalam pertemuan dengan perwakilan dari divisi atau departemen lain atau organisasi lainnya.

b. Kategori Informational Roles (Peran Informasional)
Pada Kategori Informasional Roles ini, Seorang Manager berperan sebagai pengelola Informasi. tiga Peran yang tergolong dalam Informational Roles adalah sebagai berikut :

4. Pemantau (Monitor)
Pada Peran ini, seorang manajer berperan sebagai penggali informasi yang berkaitan dengan industri dan organisasinya. Seorang Manajer juga memantau tim yang dipimpinnya baik dari segi produktivitas, kinerja maupun tingkat kenyamanan kerja anggota timnya.

5. Penyebar Informasi (Disseminator)
Setelah memperoleh informasi, seorang manajer harus menyebarkan dan mengkomunikasikan informasi tersebut ke orang lain yang ada di dalam organisasinya atau mengkomunikasikanya ke anggota timnya ataupun karyawan yang berkaitan lainnya di dalam perusahaan. Contohnya adalah menyampaikan memo, email atau laporan kepada bawahannya mengenai informasi dan keputusan yang telah diambil.

6. Juru Bicara (Spokesperson)
Seorang Manajer juga mempunyai berperan sebagai Juru Bicara yang meneruskan informasi tentang organisasinya dan tujuan organisasinya ke pihak luar.

c. Kategori Decisional Roles (Peran Pengambilan Keputusan)
Pada kategori ini, Seorang Manajer berperan sebagai Wirausahawan, Pemecah masalah, pembagi sumber daya dan perunding. Terdapat empat peran dalam kategori ini, Keempat peran tersebut adalah 

7. Wirausahawan (Entrepreneur)
Seorang Manajer diwajibkan mampu membuat suatu perubahaan dan mengendalikannya untuk kemajuan organisasinya. Peran Manajer disini adalah memberikan solusi dan menghasilkan ide-ide baru serta menerapkannya dalam organisasi. Manajer juga wajib merencanakan masa depan organisasinya, membuat proyek-proyek perbaikan dan peningkatan kualitas dan produktivitas.

8. Pemecah masalah (Disturbance Handler)
Setiap organisasi pasti menemukan masalah dan hambatan dalam kegiatan operasionalnya. Ketika suatu permasalahan atau hambatan terjadi, manajer, bertanggung jawab penuh untuk menyelesaikanya.

9. Pembagi Sumber Daya (Resource Allocator)
Seorang Manajer juga mempunyai peran sebagai pembagi sumber daya yaitu menentukan dimana sumber daya tersebut harus dialokasikan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Sumber daya yang dimaksud disini dapat berupa uang, tenaga kerja, material, mesin dan sumber daya lainnya.

10. Negosiator (Negotiator)
Seorang Manajer adalah juga seorang Negosiator, berpartisipasi atau mengambil bagian dalam melakukan negosiasi dengan pihak luar untuk memperjuangkan kepentingan bisnis perusahaannya

Jika anda menjadi seorang manajer, anda harus mempunyai 10 peran tersebut demi kebaikan diri anda dan organisasi yang anda pimpin, Selain itu, anda juga harus mengetahui prinsip-prinsip manajemen. Simak 14 Prinsip Manajemen Menurut Henri Fayol

0 Response to "Penjelasan 10 Peran Manajer Dalam Organisasi Menurut Henry Mintzberg"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel