-->

Jobdesk Quality Assurance (QA) Serta Pengertian, Tugas Dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan

Kita sering kesulitan untuk memahami perbedaan pengertian Quality Control (QC) dengan Quality Assurance (QA), karena keduanya berada didepartemen yang sama pada beberapa perusahaan. Perbedaanya terdapat pada tugas dan tanggung jawabnya yang berbeda walaupun keduanya biasanya terdapat dalam satu departemen. Kita mengetahui jika pengertian tugas Quality Control (QC) merupakan pengendalian kualitas, sedangkan Quality Assurance adalah penjaminan kualitas.


Pengertian Quality Assurance (QA)
Quality Assurance (QA) atau jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah “Penjaminan Kualitas”. Istilah “Assurance” atau “Jaminan” menyatakan suatu kepastian atau kepercayaan terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Quality Assurance (QA) menjamin kualitas produk yang dihasilkan danjuga memastikan proses pembuatan produk tersebut sesuai dengan standar spesifikasi dan persyaratan yang telah ditentukan.

Quality Assurance (QA) adalah suatu pendekatan yang berbasis PROSES (process base approach) yang mempunyai tujuan utama mencegah produk cacat mulai dari tahap perencanaan (planning) hingga tahap pengiriman produk ke pelanggan, sehingga menghindari terjadi produksi ulang (rework) dan keluhan pelanggan yang akan merugikan reputasi perusahaan serta pengeluaran biaya-biaya akibat kualitas yang buruk.

Quality Assurance adalah proses yang pro-aktif yaitu melakukan penekanan terhadap perencanaan, dokumentasi dan  penentuan panduan kualitas pada awal proyek dimulai untuk memahami persyaratan dan standar kualitas yang diharapkan. Setelah semua persyaratan dan standar kualitas yang diinginkan tersebut di identifikasikan, maka diperlukan pengembangan perencanaan untuk memenuhi persyaratan dan standar kualitas yang diinginkan tersebut.

Secara umum, QA mencakup monitoring, uji-tes dan memeriksa semua proses produksi yang terlibat dalam produksi suatu produk. Memastikan semua standar kualitas dipenuhi oleh setiap komponen dari produk atau layanan yang disediakan oleh perusahaan untuk memberikan jaminan kualitas sesuai standar spesifikasi yang diberikan oleh perusahaan.

Quality Assurance (QA) mempunyai deskripsi pekerjaan, tugas dan tanggung jawab pokok terkait dengan peran jaminan kualitas. Meskipun jobdesk pekerjaan jaminan kualitas akan berbeda berdasarkan pada industri tertentu, tugas utama dan kompetensi terkait dengan memastikan bahwa produk tersebut memenuhi standar kualitas yang diperlukan atau diberikan oleh perusahaan.

Baca JugaPerbedaan Quality Control (QC) Dan Quality Assurance (QA)

Jobdesk Atau Tugas Dan Tanggung Jawab Staff Quality Assurance (QA)
  • Memiliki tugas pokok dalam perencanaan prosedur penjaminan kualitas suatu produk atau jasa
  • Memastikan produk atau jasa memenuhi standar yang ditetapkan termasuk keandalan, utility, kinerja dan standar kualitas umum yang ditetapkan oleh perusahaan.
  • Menerapkan standar jaminan kualitas
  • Mengevaluasi kecukupan standar jaminan kualitas
  • Merancang sample prosedur dan petunjuk untuk mencatat dan melaporkan data berkualitas
  • Melakukan peninjauan pelaksanaan dan efisiensi kualitas dan inspeksi sistem agar berjalan sesuai rencana, melaksanakan dan memantau pengujian dan inspeksi bahan dan produk untuk memastikan kualitas produk jadi
  • Mendokumentasikan audit internal dan kegiatan jaminan kualitas lainnya
  • Menyelidiki keluhan pelanggan dan masalah ketidaksesuaian
  • Mengumpulkan dan menyusun data kualitas statistik
  • Menganalisis data untuk mengidentifikasi area untuk perbaikan dalam sistem mutu
  • Mengembangkan, merekomendasikan dan memantau tindakan perbaikan dan pencegahan
  • Menyiapkan laporan untuk berkomunikasi hasil dari kegiatan kualitas
  • Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dan mengatur intervensi pelatihan untuk memenuhi standar mutu
  • Mengkoordinasikan di tempat audit yang dilakukan oleh penyedia eksternal
  • Mengevaluasi temuan audit dan menerapkan tindakan koreksi yang tepat
  • Mengelola dan memeriksa kegiatan manajemen risiko
  • Bertanggung jawab untuk sistem manajemen dokumen
  • Memastikan kepatuhan continyu dengan persyaratan peraturan kualitas dan industri yang ditetapkan perusahaan
Kualifikasi Yang Dibutuhkan Perusahaan Pada Calon Karyawan Quality Assurance (QA)
  • Gelar sarjana, Diploma yang sesuai dengan bidang tugas (biasanya sesuai dengan jenis perusahaan)
  • Akan lebih bagus jika memiliki sertifikasi Kualitas Auditor, Quality Engineer, Peningkatan Kualitas Asosiasi, dan menguasai Six Sigma
  • Berpengalaman dalam pemeriksaan kualitas, audit dan pengalaman pengujian
  • Berpengalaman dengan pelaksanaan program tindakan korektif
  • Berpengalaman khusus dalam produk industri
  • Memiliki keterampilan komputer yang baik seperti Microsoft Office dan database
  • Memiliki keterampilan dan pengetahuan tentang alat, konsep dan metodologi QA
  • Memiliki pengetahuan tentang persyaratan peraturan yang relevan
Keahlian Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang QA
  • Wajib Teliti
  • Detail 
  • Pandai untuk komunikasi secara lisan dan tertulis
  • Menguasai metode pengumpulan data
  • Paham Manajemen dan analisis
  • Menganalisis permasalahan dan pemecahan masalah perencanaan dan pengorganisasian keputusan Pengambilan keputusan
  • Orientasi layanan pelanggan 
  • Mampu bekerja sama dengan tim.
Jika melihat dari jobdesk yang disebutkan diatas. Adanya quality Assurance di perusahaan, akan memberikan beberapa manfaat.

Manfaat Quality Assurance (QA)
  • Menghasilkan produk yang mempunyai kualitas tinggi.
  • Menghindari dan mengurungai 7 pemborosan (7 waste).
  • Meningkatkan efisiensi operasional.
  • Memberikan kepuasan pada pelanggan.
  • Mengurangi pekerjaan ulang yang merugikan perusahaan dalam segi finansial maupun waktu.
  • Memotivasi team dalam bekerja lebih baik dengan kualitas yang tinggi.
  • Meningkatkan kepercayaan pelanggan.

2 Responses to "Jobdesk Quality Assurance (QA) Serta Pengertian, Tugas Dan Tanggung Jawabnya di Perusahaan"

  1. Unlike life insurance policies, if you survive life assurance plans you will receive 'terminal' investment, bonuses and investment payouts. If you have life insurance and live beyond the term then there is no payout. 토토사이트

    ReplyDelete
  2. Lanjutkan dulurku,semoga sukses selalu.

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel