-->

Pendapat Ahli Tentang Pengertian Dan Fungsi Dasar Manajemen

Dalam setiap organisasi, pasti mempunyai berbagai sumber daya yang harus dikelola oleh manajemen yang  profesional agar sumber daya tersebut dapat memberikan sumbangsi dan konstribusi yang maksimal terhadap pencapaian tujuan organisasinya.
Secara definisi, Menurut (R.W. Griffin dalam bukunya yang berjudul Management, 2013:5), Manajemen dapat dimaknai sebagai serangkaian kegiatan (termasuk perencanaan dan pembuatan keputusan, pengorganisasian, pimpinan dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber daya organisasi (tenaga kerja, keuangan, fisik dan informasi) yang mempunyai tujuan untuk mencapai sasaran organisasi dengan cara yang lebih efektif dan lebih efektif.


Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli
  • Pengertian Manajemen menurut Sawaldjo Puspopranoto (2006:99) Manajemen adalah suatu Proses untuk mencapai tujuan organisasi dengan melakukan kerja sama dan melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lainnya.
  • Pengertian Manajemen menurut Malayu S.P. Hasibuan (2000:2), Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efiesien dan juga efektif untuk mencapai suatu tujuan.
  • Pengertian Manajemen menurut T. Hani Handoko (2000:10), Manajemen adalah aktivitas bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan juga mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.
  • Pengertian Manajemen menurut Richard L. Daft (2002:8), Manajemen merupakan pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan juga efektif melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumber daya organisasi.

Fungsi Dasar Manajemen

Berdasarkan pengertian manajemen diatas, jelas bahwa Manajemen dalam sebuah organisasi mempunyai 4 Fungsi Dasar antara lain Perencanaan dan Pembuatan Keputusan, Pengorganisasian, Pimpinan dan Pengendalian yang digunakan untuk mengelola sumber daya organisasinya sehingga mencapai sasaran yang ditentukan secara efeisien dan juga efektif.

Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai 4 Fungsi Dasar Manajemen.

1. Perencanaan (Planning)
Fungsi dasar pertama dari Manajemen adalah Perencanaan (planning) dan Pembuatan keputusan. Pada dasarnya, Perencanan adalah menentukan Tujuan Organisasi dan memutuskan cara yang terbaik untuk mencapainya. Sedangkan Pembuatan Keputusan adalah bagian dari Perencanaan yang berkaitan dalam memilih langkah-langkah atau tugas yang harus dilakukan untuk mencapai sasaran organisasinya. Dalam perencanaan harus mempunyai batas waktu hingga kapan tugas-tugas tersebut harus dilaksanakan dan siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut.

2. Pengorganisasian (Organizing)
Setelah membuat perencanaan dan menetapkan langkah-langkah ataupun tugas-tugas untuk mencapai tujuan dan sarasaran organisasi, fungsi manajemen yang kedua adalah mengorganisir orang-orang yang tepat dan sumber daya lainnya untuk menjalankan perencanaan yang ditetapkan. Pada dasarnya, yang dimaksud dengan Pengorganisasian (Organizing) merupakan mendelegasikan tugas-tugas yang telah ditetapkan dalam perencanaan kepada individu mataupun kelompok yang terdapat dalam organisasi yang bersangkutan.
Dalam fungsi Pengorganisasian terdapat pengelompokan kegiatan dan penyusunan Struktur Organisasi yang menjelaskan fungsi-fungsi dari setiap bagian dan sifat hubungan antara bagian-bagian tersebut dalam Struktur organisasi itu.

3. Pemimpinan (Leading)
Setelah menetapkan Perencanan dan mengorganisir sumber daya yang diperlukan, Fungsi selanjutnya Manajemen adalah Pemimpinan (Leading) atau ada yang menyebut fungsi manajemen ini sebagai Pengarahan (Directing). Pemimpinan dalam Manajemen merupakan serangkaian proses yang digunakan supaya setiap anggota yang berada dalam organisasi dapat bekerjasama dalam mencapai sasaran tujuan organisasi. Seorang Manajer harus bisa menuntun, mengarahkan, menggerakan dan memotivasi serta mempengaruhi bawahan agar dapat melakukan tugas-tugas yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan/sasaran organisasi.


4. Pengendalian (Controlling)
Fungsi Manajemen yang keempat adalah Pengendalian atau Controlling. Fungsi Pengendalian ini berkaitan dengan menghimpun informasi-informasi yang digunakan untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja organisasi, memantau perkembangan tugas yang telah direncanakan sebelumnya dan mengambil tindakan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi. Dalam fungsi terakhir ini, seorang manajer selalu mengawasi jalannya suatu tugas atau kegiatan yang terarah ke pencapaian Tujuan Organisasi yang telah ditetapkannya.

Penjelasan diatas adalah merupakan penjelasan mengenai Pendapat Ahli Tentang Pengertian Dan Fungsi Dasar Manajemen, Keempat fungsi dasar tersebut wajib dimiliki oleh seorang manajer.Tidak boleh seorang manajer harus punya 1 prinsi saja, Untuk itu tidak mudah untuk jadi manajer



0 Response to "Pendapat Ahli Tentang Pengertian Dan Fungsi Dasar Manajemen"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel