-->

Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer PPIC

Setelah sebelumnya saya menulis artikel tentang Tugas Dan Tanggung Jawab STAFF PPIC Pada Perusahaan yang mana hanya bisa dilakukan oleh manusia-manusai pilihan, sekarang saya akan mencoba menulis Tugas Dan Tanggung Jawab Seorang Manajer PPIC.


Jika Tugas Dan Tanggung Jawab Staffnya saja seperti itu, bagaimana tugas manajernya ?, Apakah kalian bisa bayangkan ?.

Tugas manajer PPIC (Production Planning and Inventory Control) pada perusahaan sangatlah komplek. Hal tersebut dikarenakan PPIC berperan membawahi beberapa bagian produksi. Banyak pengertian yang menyebutkan tentang pengertian, maupun tugas dan tanggung jawab PPIC seperti pada artikel saya sebelumnya. Jelasnya, PPIC bisa diartikan sebagai bagian kerja perencanaan prduksi dan pengendalian produksi yang dimiliki oleh perusahaan.

Bagian kerja ini menjembatani beberapa bagian departemen kerja lainnya seperti halnya bagian bagian departemen marketing, departemen produksi, departemen HRD, departemen keuangan serta masih banyak lagi bagian departemen kerja yang berhubungan dengan pelaksanaan pengelolaan material secara tepat baik dari sisi waktu, jumlah, mutu maupun biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan.

PPIC adalah pusat perusahaan. Di perkuliahan, dosen saya mengatakan, bahwa PPIC adalah otak dari perusahaan, Jika di ibaratkan manusia normal, manusia tersebut mempunyai anggota tubuh yang lengkap, mulai dari kepala, leher, badan, tangan, dan kaki, semuanya lengkap. Tapi jika manusia tidak punya otak, atau otaknya tidak berfungsi dengan baik, apakah manusia tersebut bisa dianggap normal ? begitulah peran PPIC di perusahaan. Perusahaan tanpa PPIC adalah cacat.

Untuk itu, manajer PPIC ini dinilai memiliki tugas yang cukup komplek dalam pelaksanaan aktivitas produksi di perusahaan. Namun pada intinya, tugas utama seorang manajer PPIC adalah  pada pembuatan rencana produksi perusahaan yang berpedoman pada rencana sales marketing dari produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.

Selain tugas utama tersebut, seorang manajer PPIC memiliki beberapa tugas lainnya yang mendukung keoptimalan fungsi produksi di perusahaan. Beberapa tugas manajer PPIC ini antara lain yaitu :

Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer PPIC dalam Perusahaan

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab atau job desc yang wajib dilaksanakan oleh seorang manajer PPIC adalah sebagai berikut :
  1. Menyediakan pemesanan dari departemen marketing dan menyusun rencana produksi sesuai dengan pesanan marketing
  2. Memenuhi permintaan contoh produk dari departemen marketing perusahaan serta melakukan pemantauan dalam proses pembuatan contoh produk ke customer
  3. Menyusun rencana pengadaan bahan yang didasarkan atas peramalan atau forecasting dari marketing melalui pemantauan kondisi stock barang yang akan diproduksi
  4. Melakukan monitoring pada bagain inventory pada proses produksi, penyimpanan barang di gudang maupun yang akan didatangkan pada perusahaan sehingga saat proses produksi yang membutuhkan bahan dasar bisa berjalan dengan lancar dan seimbang
  5. Membuat jadwal proses produksi sesuai dengan waktu, routing dan jumlah produksi yang tepat sehingga menjadikan waktu pengiriman produk pada konsumen bisa dilakukan secara optimal dan cepat
  6. Menjaga keseimbangan penggunaan mesin perusahaan sehingga tidak ada mesin produksi yang overload atau malah jarang digunakan oleh perusahaan produksi
  7. Melakukan komunikasi dengan bagian marketing untuk memastikan penyelesaian masalah produksi
  8. Memberikan informasi yang akurat dana terpercaya pada seluruh bagian karyawan perusahaan.

Itulah beberapa tugas dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh seorang manajer PPIC pada sebuah perusahaan. Namun tugas setiap manajer PPIC setiap perusahaan bisa saja berbeda, sama dengan tugas dan tanggung jawab staff PPIC.


Sebgai contoh, saya akan membagikan beberapa Tugas dan Tanggung Jawab Manajer PPIC di tiap -tiap perusahaan

Tugas Dan Tnggung Jawab Manager PPIC PT. Rimbawood Arsilestari :   
  1. Bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan di PPIC yang meliputi proses perencanaan, pembelian dan pengendalian material, perencanaan dan pengawasan produksi
  2. Bertanggung jawab menjaga on time delivery sesuai dengan target
  3. Mengelola SDM yang ada di PPIC.

Tugas Dan Tanggung Jawab Manager PPIC di PT Solo Murni :
  1. Melakukan koordinasi dalam penjadwalan proses produksi sesuai dengan waktu, Alur dan jumlah produksi yang tepat sehingga menjadikan target produksi dapat tercapai dan waktu pengiriman produk pada konsumen bisa dilakukan secara optimal dan cepat
  2. Menyusun rencana pengadaan bahan melalui pemantauan kondisi stock barang yang akan diproduksi, baik bahan baku, bahan pembantu, WIP, maupun barang jadi
  3. Melakukan monitoring pada bagain inventory pada proses produksi, penyimpanan barang di gudang maupun yang akan didatangkan pada perusahaan sehingga saat proses produksi yang membutuhkan bahan dasar bisa berjalan dengan lancar dan seimbang
  4. Menjaga keseimbangan penggunaan mesin perusahaan sehingga tidak ada mesin produksi yang overload atau malah jarang digunakan oleh perusahaan produksi
  5. Melakukan komunikasi dengan bagian marketing untuk memastikan penyelesaian masalah produksi
  6. Memberikan informasi yang akurat data terpercaya pada seluruh bagian karyawan perusahaan
Dari kedua perusahaan tersebut, kalian faham kan dimana perdeaanya, ?.

Salam Industrial Engineer Indonesia.


0 Response to "Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer PPIC"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel