-->

Tugas Dan Tanggung Jawab Staff PPIC Pada Perusahaan

Pengertian PPIC

PPIC merupakan kepanjangan dari Production Planning Inventory Control, yang berfungsi melakukan perencanaan dan pengendalian rangkaian proses produksi agar berjalan sesuai dengan rencana yang sudah ditetapkan serta mengendalikan jumlah inventori agar sesuai dengan kebutuhan yang ada.

Inventori atau barang persediaan merupakan aset perusahaan yang berupa persediaan bahan baku atau raw material, barang-barang sedang dalam proses produksi, dan barang-barang yang dimiliki untuk dijual. Karena  inventori disimpan di gudang, maka manajemen inventori  dan gudang sangat berkaitan.


Tugas Dan Tanggung Jawab Staff  PPIC

Tugas dan tanggung jawab staff  PPIC pada perusahaan cenderung berbeda-beda, hal ini dikarenakan setiap perusahaan mempunyai target, kebutuhan, kapasitas produksi, dan jenis produk yang berbeda.

Staff PPIC pada perusahaan Customer goods, mempunyai tugas dan tanggung jawab yang lebih banyak dan sulit dibanding tugas dan tanggung jawab staff PPIC pada perusahaan furniture. Hal ini dikarenakan perusahaan customer goods memiliki variasi produk lebih banyak. Seorang ahli PPIC, akan dibuat rumit dengan hal itu, berbeda dengan orang PPIC yang bekerja di perusahaan Furniture, tugas mereka hanya melakukan perencanaan produksi, kebutuhan, dan inventory hanya dengan beberapa variasi produk saja. Bahanya pun sama. Meja, kursi, Almari, produk-produk seperti hanya terbuat dari bahan utama kayu. Sehingga akan lebih mudah jika dibanding dengan perusahaan customer good yang bahan utamanya bisa berupa tepung, karamel, dll.

Sebagai Contoh, Ini adalah Tugas dan Tanggung jawab staff PPIC dari beberapa perusahaan yang berbeda jenis.

Tugas Dan Tanggung Jawab Staff PPIC Pada PT Hosen Makmur Packindo
a. Bertanggung jawab dalam hal membuat jadwal produksi
b. Menjaga Ketersediaan Stok material bahan baku
c. Membuat Schedule pengiriman ke konsumen.

Tugas Dan Tanggung Jawab Staff PPIC Pada PT Bali Hay Brewery Indonesia
a. Mencatat dan membuat report untuk GRR (Goods Receipt Report) dari hasil unloading (bongkar) embalase.
b. Membuat rekap data terhadap hasil produksi barrel setiap proses produksi barrel
c. Membuat RFM dan BPB untuk Brew, Cellar, Packaging, dan Gudang
d. Membuiat Purchasing riquest dan receiving report
e. Membuat surat jalan scrap atau ampas
f. Membuat kontrak jual beli ampas
g. Mengupdat stock barrel setiap hari, pada semua jenis barrel

Tugas Dan Tanggung Jawab Staff PPIC Pada PT Blue Gas Indonesia
a. Membuat rencana produksi dengan berpedoman dengan rencana dari sales dan marketing
b. Membuat rencana pengadaan bahan atau material berdasarkan rencana dan kondisi stock dengan menghitung kebutuhan material produksi menurut standart stock yang ideal
c. Memantau semua inventory, baik untuk proses produksi, stock yang ada digudang maupun yang akan didatangkan sehingga elaksana proses dan pemasukan pasar tetap berjalan lancar dan seimbang
d. Membuat evaluasi hasil produksi, hasil penjualan, maupun kondisi inventory
e. Mengelolah data dan menganalisa mengenai rencana dan realisasi produksi dan sales serta data inventory
f. Menghitung standart kerjaa karyawan tiap tahun
g. Aktif berkomunikasi dengan semua pihak sehingga diperoleh data yang akurat atau up to date.
h. Membuat laporan harian, dan bulanan, pada hasil perencanaan produksi

Dari Tugas dan Tanggung Staff PPIC ketiga perushaan diatas, dapat kita lihat perbedaanya. Sehingga untuk menjadi seorang PPIC, Pintar saja tidak cukup, namun harus benar-benar mengenal perusahaan. Maka dari itu, banyak sekali lowongan pekerjaan staff PPIC yang membutuhkan pekerja berpengalaman, dan sangat sedikit yang membutuhkan seorang fresh graduate untuk mengisi kekosongan posisi ini.

Jika dilihat dari banyaknya tugas dan tanggung jawab seorang staff PPIC, yang mana setiap perusahaan mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berbeda, kami SarjanaIndusri.com, meringkas, tugas dan tanggung jawab staff PPIC secara Umum. Antara lain adalah

a. Memimpin dan bertanggung jawab untuk kegiatan pekerjaan di Bagian PPIC dan Bagian Gudang. Job aktivitas di PPIC termasuk pengendalian persediaan, pengendalian produksi perencanaan, dan kontrol pengiriman. Job aktivitas di gudang, termasuk bahan yang masuk, penyimpanan, penyediaan, dan pengiriman.
b. Membuat rencana kegiatan tahunan dan penganggaran untuk basis Departemen PPIC pada rencana bisnis perusahaan.
c. Membuat laporan kegiatan. Laporan ini disampaikan kepada Top Management di Management Review bulanan.
d. Bertanggung jawab untuk Program Pengurangan Biaya di Departemen PPIC.
e. Bertanggung jawab untuk perbaikan terus-menerus di Departemen PPIC.
f. Bertanggung jawab untuk pengembangan sumber daya manusia di Departemen PPIC.

Itulah artikel tentang tugas dan tanggung jawab staff PPIC yang coba saya jelaskan secara ringkas, semoga artikel saya bisa membantu untuk kalian yang ingin atau punya kesempatan untuk berkecimpung di dunia PPIC. PPIC adalah pekerjaan yang penuh tantangan, bukan sembarang orang bisa dan bertahan dalam posisi tersebut. Dan saya harap kalian salah satu orang-orang yang mampu bertahan dan bisa optimal dalam mengemban tugas sebagai seorang PPIC. Simak juga : Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer PPIC

Salam Indusrial Engineer Indonesia 





0 Response to "Tugas Dan Tanggung Jawab Staff PPIC Pada Perusahaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel