-->

Pengertian Operational Research (OR) Menurut Beberapa Ahli

Pengertian Operational Research (OR)

Operations Research adalah ilmu yang mempelajari mengenai bagaimana menentukan suatu tindakan terbaik dalam suatu keterbatasan sumber daya. Sumber daya atau resource dapat berupa uang, tenaga kerja, dan waktu. Operation Research (OR) mempunyai tujuan untuk memperoleh kondisi yang optimal dari keterbatasan resource tersebut.
Pendekatan dalam pengambilan keputusan dapat berupa nilai kuantitatif, dan seni. Seni yang dimaksud bisa berupa persepsi, pengalaman, dan kecerdasan. Pengambilan keputusan pada Operational Research diperoleh dengan cara memodelkan permasalahan. Model yang digunakan bersifat matematis.


Penelitian Operasional atau Riset Operasi atau Operational Research (OR) adalah penelitian yang mempunyai tujuan memberikan solusi terhadap masalah-masalah operasional dalam pelaksanaan program atau kegiatan yang hasilnya dipergunakan untuk membantu pemecahan masalah tersebut dengan tetap menggunakan metode ilmiah. OR didasarkan kepada permasalahan yang ditemukan di lapangan yang memang memerlukan penelitian untuk memecahkannya.

Terdapat Dua jenis OR yaitu penelitian observasional (tidak ada manipulasi variabel bebas) dan penelitian eksperimental (diikuti tindakan/intervensi variabel bebas). Penelitian OR observasional bertujuan menentukan status atau tingkat masalah, tindakan atau intervensi pemecahan masalah serta membuat hipotesis peningkatan kinerja program sedangkan penelitian  eksperimen melakukan intervensi terhadap input dan proses guna meningkatkan kinerja program.

Pengertian Operational Research Menurut Beberapa Ahli

a. OR Menurut Menurut Mulyono (2004)
Secara harfiah kata operations dapat didefinisikan sebagai tindakan-tindakan yang diterapkan pada beberapa masalah atau hipotesa. Sementara kata research adalah suatu proses yang terorganisasi dalam mencari kebenaran akan masalah atau hipotesa tersebut 

b. OR Menurut (Operational Research Society Of Great Britain)
Operational Research adalah penerapan motode-metode ilmiah terhadap masalah- masalah rumit yang muncul dalam pengarahan dan pengelolahan dari suatu sistem besar manusia, mesin, bahan dan uang dalam industri, bisnis, pemerintah dan pertahanan. Pendekatan khusus ini bertujuan membentuk suatu model ilmiah dari sistem, menggabungkan ukuran-ukuran faktor-faktor seperti kesempatan dan risiko, untuk meramalkan dan membandingkan hasil-hasil dan beberapa keputusan, strategi atau pengawasan. Tujuannya adalah membantu pengambil keputusan menentukan kebijaksanaan dan tindakannya secara ilmiah.

c. OR Menurut (Operations Research Society Of America)
Riset operasi berkaitan dengan menentukan pilihan secara ilmiah bagaimana merancang dan menjalankan sistem manusia dan mesin secara terbaik, biasanya membutuhkan alokasi sumber daya yang langka.

d. OR Menurut (T.L. Saaty)
Riset Operasi adalah seni memberikan jawaban buruk terhadap masalah-masalah yang jika tidak, memiliki jawaban yang lebih buruk

0 Response to "Pengertian Operational Research (OR) Menurut Beberapa Ahli"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel