-->

Alasan Mengapa Kalian Jangan Pernah Jadi Reseller Online, Dropship Online, Dan Sejensinya

Pada tahun 2019 ini, mungkin kalian banyak menjumpai iklan-iklan cara bisnis online baik di Instagram, Facebook, maupun pada saat browsing di google. Saat ini bisnis online sedang boming-bomingnya. Banyak sekali kita temui website-website atau akun-akun dan juga perusahaan online, yang menawarkan omset jutaan rupiah bahkan ratusan juta pada kalian.

Sebelum itu, kalian tahu gak sih, apa itu bisnis online ?


Pengertian Bisnis Online

Bisnis online merupakan kegiatan bisnis yang dilakukan di dunia maya dengan bantuan koneksi internet. Menjalankan bisnis online memerlukan media online sebagai wahana berbisnis. Diantara media online yang bisa digunakan untuk penggerak bisnis adalah Media online seperti website, blog, media sosial, dan toko online. Aktivitas pemesanan, transaksi, pembayaran, konfirmasi, konsultasi semua bisa dilakukan secara mudah dengan online.


Bisnis online memiliki prinsip dan sistem yang sama dengan bisnis offline. Karena tetap harus ada barang maupun jasa yang nanti akan diperjual belikan, hanya saja dalam bisnis online berbagai kegiatan konvensional mulai digantikan dengan media online, seperti dalam hal pemasaran dan promosi . Kegiatan bisnis online dan offline berjalan saling mendukung dalam upaya mencapai tujuan usaha. Bisnis online adalah bisnis yang dapat dilakukan dan dikembangkan oleh siapa saja yang memiliki niat dan semangat tinggi. Bisnis online adalah bisnis yang sangat berpotensi yang dapat diaplikasikan pada setiap usaha. Kemudahan akses internet dan layanan media online gratis dapat dimanfaatkan oleh orang orang yang ingin memulai bisnis online dan meraup keuntungan akan hal itu.

Jenis-Jenis Bisnis Online

Affiliate Marketing
Affiliate Marketing (AM) adalah bisnis yang tidak membutuhkan modal sama sekali, kalian hanya perlu menjual produk orang lain, ketika kalian berhasil menjual, kalian akan mendapatkan komisi.besaran komisi bergantung ketentuan dari pemilik produk.

Blogger Profesional
Apakah Kalian Suka Menulis? Menjadi blogger dapat menghasilkan uang, kalian hanya perlu menulis artikel yang sesuai dengan kapasitas kalian di diblog. Dan blog tersebut bisa kalian jadikan sebagai ladang yang menghasilkan uang melalui jual produk sendiri maupun orang lain, dan memasang iklan orang lain.

Adsense
Adsense adalah yang paling banyak digunakan didunia bisnis online. Program penyedia jasa iklan yang dimiliki oleh google ini akan memberikah upah kepada publishernya setiap satu bulan sekali. Ketika pengunjung blog kalian ramai, maka website kalian bisa menjadi tempat google untuk menempatkan iklannya. Dan kalian akan mendapat penghasilan ketika orang lain mengklik iklan yang dipasang di website kalian.

Jasa Membuat Website
Jasa Pembuatan Website,  berbeda dengan yang lain, karena harus membutuhkan keahlian khusus, jika kalian sudah terbiasa membuat website, kalian bisa memanfaatkan keahlian itu dalam membuat website untuk mendapatkan penghasilan.

Menjual Produk Sendiri
Punya keahlian yang bisa dijual? Atau punya produk yang bisa sendiri? Anda bisa menjual keahlian anda dalam bentuk tutorial, ebook atau pun bentuk fisik.

Menjadi Copywriter
Jika kalian  hobi menulis artikel, kalian  bisa menghasilkan uang dengan menjadi Copywriter, atau jasa penulis lepas, dan kalian akan dibayar dari setiap artikel yang anda tulis. Rekomendasi saya, kalian bisa melamar untuk nulis di media seperti merdeka, viva, detik, dll. Dan kalian juga bisa freelance di sribulacer, dan penuyedia pekerjaan freelance lainya.

PTR (Paid To Review)
Paid to review merupakan salah satu sumber untuk mendapatkan uang dengan aktifitas kita sebagai seorang blogger. Caranya adalah dengan mereview atau menulis artikel tentang produk dari pemasang iklan diblog kita. Sehingga kita akan dibayar berdasarkan artikel review yang kita tulis diblog kita.

Berjualan dengan Toko Online ( Online Shop ).
Kalian pasti kenal dengan website toko online seperti lazada, tokopedia, dan elevania. Kalian juga bisa menggunakan toko online untuk menjual produk yang kalian miliki. Peluang bisnis di internet menggunakan toko online sangat diminati kebanyakan orang, karena tidak perlu memiliki toko fisik, tidak perlu memiliki banyak pegawai, dan mengelolanya sangat mudah.

Menjual Domain dan Hosting
Untuk menjalankan bisnis online pasti membutuhkan domain dan hosting, untuk itu kalian bisa memanfaatkan peluang untuk mendapatkan Penghasilan dengan Membuka Jasa untuk menjual domain dan hosting.

JASA SEO
Apa yang dimaksud  SEO ? SEO adalah kependekan dari (Search Engine Optimation) bahasa sederhananya adalah kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menempatkan website nya berada dihalaman pertama. Apa manfaat nya kalau website kita berada dihalaman pertama? Pasti banyak, kalau kalian bisnis di internet, peluang untuk mendapatkan penghasilan akan lebih besar jika website kalian berada dihalaman pertama. Dibutuhkan keahlian dan Online ketekunan untuk melakukannya.

EMAIL MARKETING
Apa yang dimaksud Email Marketing? Email marketing merupakan sarana untuk promosi yang bisa kalian manfaatkan untuk mendapatkan pengunjung (traffic) tertarget yang dapat kalian jadikan list pembeli produk atau jasa. Database Email ini akan menjadi ASET yang bisa kalian manfaatkan dikemudian hari. Perlu ketekunan dan belajar copywriting yang “Menarik” agar calon pembeli berminat dan membeli apa yang kalian tawarkan.

Menjadi Reseller
Reseller adalah orang menjual kembali (kulakan) produk dari pihak supplier kepada konsumen. Reseller bukan merupakan bagian dari supplier. Untuk menjadi seorang reseller, kalian harus mengeluarkan modal sendiri, dan membeli produk langsung kepada supplier, istilah sederhanya adalah kalian harus melakukan stock sendiri pada supplier.

Menjadi Dropshiper
Kalian tidak punya barang yang mau dijual? Tidak punya modal untuk stok barang? Jangan khawatir, kalian bisa kok menjadi seorang Dropshiper, Yang harus kalian lakukan hanyalah menawarkan produk orang lain dan ketika terjadi penjualan maka pemilik produk akan langsung mengirimkan produk yang anda jual langsung ke pembeli. Sehingga kalian akan mendapatkan keuntungan dari selisih harga produk tersebut. Kalian tidak perlu capek untuk kemas barang, sediakan stok dan sebagainya. Kalian hanya perlu meningkatkan kemampuan untuk memahami produk tersebut dan yang menjualnya.



Dari Jenis-jenis bisnis online yang telah saya sebutkan diatas, semuanya bisa kalian lakukan, da jika ditekuni, semua jenis bisnis online tersebut sangat berpotensi sebagai ladang penghasilan kalian.

Namun, Ada beberapa jenis bisnis online yang menurut saya sulit untuk berkembang, atau dengan kata lain Tidak semua orang bisa sukses dalam menggeluti jenis bisnis online tersebut. Tanpa mengurangi rasa hormat, saya harus katakan Menjadi resseler dan menjadi dropshiper tingkat keberhasilanya sangat kecil. Namun bukan berarti tidak bisa, asalkan kalian mau, kalian pasti bisa untuk berhasil dalam jenis bisnis online tersebut.

Alasan Mengapa Kalian Jangan Pernah Jadi Reseller Online, Dropship Online, Dan Sejensinya


  • Gaptek

Gaptek disini bukan berarti kalian tidak mengerti sama sekali dalam hal web desain ataupun web programmer melainkan gaptek dalam mengoperasionalkan gadget . Tentunya , dalam menjalankan bisnis Reseller dan Dropshiper online ini kita dituntut untuk menguasai penggunaan gadget terutama ranah mobile / komputer .
Contohnya : Jika kalian tidak tahu bagaimana cara membuat email , lantas bagaimana kalian akan membuat akun sosial media ? ini saya contohkan karena banyak sekali orang yang menggunakan smartphone Android tapi tidak punya alamat emailnya google . Lantas bagaimana mau install aplikasi dan sebagainya ? kebanyakan dari mereka meminta teman mereka untuk membuatkan alamat email . Oke , mungkin email bisa diatasi dengan cara seperti itu , kalau permasalahannya sudah komplek seperti konsumen kalian ingin menanyakan masalah ongkos kirim dan kalian tanya ke supplier tapi tak kunjung dibalas , lantas apa yang akan kalian lakukan ?

  • Tidak Sabaran

"Duh, kok lama ya, udah berbulan-bulan". Jika kalian  tidak sabar dan kalian berbicara  dalam hati “ah bohong tu supplier , bilangnya sebulan bisa dapat 3jt rupiah nyatanya sampai sekarang sudah 4 bulan gak ada yang order”.
Tentu kalian pasti bilang seperti itu jika memang dari awal niatan kalian memulai sebagai reseller online ini karena tergiur dengan iming-iming dari supplier (seperti iklan Instagram dan Facebook pada zaman sekarang), wajar sebetulnya . Tapi , untuk mencapai hasil seperti itu dibutuhkan proses yang cukup lama, lama atau tidaknya itu tergantung diri kita sendiri . Banyak faktor yang mempengaruhi mengapa penjualan kita masih stagnan atau tidak ada sama sekali . bisa saja faktor marketing kita yang kurang efektif , barang yang terlalu mahal , dan kedatangan yang molor.

  • Tidak mau belajar

Dalam melakukan jenis bisnis reseller dan dropshiper online , banyak keterampilan yang wajib kita pelajari agar penjualan kita terus meningkat setiap bulannya . Jika kalian tidak mau belajar dan merasa bahwa ilmu yang ada sudah cukup untuk menjadi seorang dropshiper dan Reseller online , maka kalian memang ditakdirkan untuk tidak menjggeluti bidang tersebut.

  • Tidak Punya Waktu Luang

Namanya juga bisnis, entah itu menjadi reseller online, dropshiper online,  ataupun yang lainnya, Kalian dituntut untuk mempunyai waktu luang .
Contoh : Jika kalian seorang Reseller online, maka kalian harus meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan customer. Dan yang namanya konsumen itu meskipun tanya selaut belum tentu beli hari itu juga ,nah jika kalian merasa tidak punya waktu yang cukup untuk mengurusi menjadi reseller dan dropshiper online, sebaiknya kalian pikirkan matang-matang sebelum memulainya.

Baik, Itulah alasan kenapa kalian jangan pernah menjadi resseler dan dropshiper online, jika masih mempunyai sifat, karakter, dan pemikiran seperti itu. Jika kalian paksakan, maka menjadi resseler dan dropshiper online, hanya akan buang-buang waktu.

Karena dengan karakter dan sifat seperti itu, bisnis online yang kalian lakukan tidak akan bisa menjadi berkembang.

Dan saya Alhamdulillah sudah 1 bulan menjadi Dropshiper Online. Bulan Desember kemarin, saya mendapat penghasilan sekitar 4 juta rupiah. Dan bulan ini saya berhasil melakukan peningkatan, yaitu hampir 6 Juta rupiah.

Baca JugaBisnis Aneh Dan Unik Dengan Modal Kecil Yang Bisa Membuat Dompet Anda Gemuk

Untuk itu, pesan saya, lakukan yang terbaik, jalani dengan sungguh-sungguh. Karena jika kalian menjadi seorang resseler dan dropshiper hanya ada dua kemungkinan. Anatara bisnis gak bisa berkembang, atau berkembang sangat pesat. Karena reseller dan dropshiper tidak pernah bergerak di tengah-tengah itu.

0 Response to "Alasan Mengapa Kalian Jangan Pernah Jadi Reseller Online, Dropship Online, Dan Sejensinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel