-->

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Yang Bisa Digunakan Sebagai Sumber Daftar Putaka

Pada kesempatan kali ini SarjanaIndustri.com akan membahas pengertian manajemen menurut para ahli secara umum beserta fungsi, tujuan, dan prinsipnya.

Manajemen adalah suatu seni dalam suatu proses dan sistem pengorganisasian. Proses tersebut dilakukan untuk mencapai sebuah tujuan dengan cara bekerjasama dalam team. Manajemen adalah suatu seni untuk mengatur suatu sistem, sistem tersebut bisa berupa orang/manusia ataupun pekerjaan. Dalam penerapanga, manajemen mempunyai objek dan subjek. Objek merupakan yang diatur, sedangkan subyek adalah yang mengatur.

Manajemen bisa juga diartikan sebagai suatu ilmu pengetahuan yang sistematis untuk dapat memahami proses manusia saling bekerja sama supaya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, kelompok, atau masyarakat luas.

Jika manajemen adalah sistem, maka orang yang melaksanakan tugas sehari-sehari dari berbagai tindakan manajemen disebut Manager.


PENGERTIAN MANAJEMEN SECARA UMUM
Secara umum, manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, kepimimpinan (Leadership), pengarahan, pengendalian, pengawasan, dan monitoring melalui pemanfaatan sumber daya dan sumber-sumber lainya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu yang telah ditetapkan.

PENGERTIAN MANAJEMEN MENURUT PARAH AHLI BESERTA DAFTAR PUSTAKA

1. The Liang Gie
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, perorganisasian, pengarahan, dan pengontrolan human dan natural resources terutama human resources  untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan terlebih dahulu.
Sumber Daftar Pustaka : Abdurrahmat fathoni, Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia,(Jakarta: Pt Rineka Cipta,2006) hlm.27

2. Stoner, Freeman, dan Gilbert
Manajemen adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa atau banyak orang untuk mencapai tujuan bersama. Kegiatan tersebut meliputi fungsi manajemen yang terdiri dari perencanaan, Pengorganisasian, Pengarahan, dan Pengawasan.
Sumber Daftar Pustaka : Irmayanti hasan, Manajemen Operasional Perspektif Integratif,(Malang:UIN Maliki Press, 2011) hlm.1

3. George R Terry dan Leslie W Rue
Manajemen adalah suatu proses atau perangkat kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.
Sumber Daftar Pustaka : George  R Terry dan Leslie W Rue, Dasar- Dasar Manjemen, (Jakarta:PT Bumi Aksara,2000) hlm.1

4. Luther Gulick
Manajemen adalah suatu bidang ilmu pengetahuan (science) yang berusaha secara sistematis mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagi kemanusiaan.
Sumber Daftar Pustaka :  Hani handoko, Manajemen, (Yogyakarta:BPFE Yogyakarta,2002) hlm.11

5. Griffin
Manajemen adalah serangkain aktivitas (termasuk perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian) yang diarahkan pada sumber- sumber daya organisasi (manusia, finansial, fisik, dan informasi) dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.
Sumber Daftar Pustaka : Griffin, Manajemen, (Jakarta: Erlangga,2004) hlm.27

6. Dubrin
Menyatakan bahwa manajemen mempunyai tiga pengertian yaitu:
a. Manajemen sebagai disiplin atau bidang studi
Manajemen merupakan bidang pengetahuan seperti pengetahuan lainnya yang dapat di pelajari. Kebanyakan eksekutif puncak menguasai manajemen. Mempelajari manajemen menghasilkan return on investment yang sangat besar.
 b. Manajemen sebagai orang
Manajemen mengindikasikan manajer secara menyeluruh dalam sebuah organisasi, yaitu individu yang menjalankan manajemen
c. Manajemen sebagai karier
Banyak organisasi merekrut lulusan perguruan tinggi dengan menawarkan peluang karier dalam manajemen. Serangkaian pekerjaan secara progersif mengarahkan pada tanggung jawab yang lebih besar apabila calon menunjukkan kopetensi manajerial.
Sumber Daftar Pustaka : Wibiwo, Manajemen Perubahan, (Jakarta:PT Raja Grafindo Persada, 2011), hlm.10.

7. Drs.P.I Oey Liang Lee
Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengendalian sumber daya yang ada (terutama sumber daya manusia) untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dulu.
Sumber Daftar Pustaka : Gouzali saydam, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Jakarta:PT Toko Gunung Agung, 1996), hlm.3-5.

PENGERTIAN MANAJEMEN MENURUT PARAH AHLI DALAM BUKUNYA

Pengertian manajemen dari para ahli dapat digunakan sebagai acuan bagi kita untuk lebih memahami  tentang kandungan dari manajemen.

1. Henri Fayol
Henri Fayol menulis buku mengenai manajemen berjudul General Industrial Management. Buku itu membahas mengenai manajemen di bidang industri.
Menurut Henri Fayol di dalam bukunya, Manajemen adalah proses tertentu yang terdiri dari kegiatan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan sumber daya manusia dan penggandakan pengendalian dalam rangka mencapai tujuan.

Baca Juga14 Prinsip Manajemen Menurut Henri Fayol

2. Marry Parker Follet
Definisi manajemen menurut Marry Parker Follet adalah sebagai suatu seni, yang tiap-tiap pekerjaan bisa diselesaikan bersama orang lain.

3. Manullang
Pengertian manajemen menurut Manullang, adalah seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan terhadap sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

4. John D Millet
Dalam bukunya yang berjudul Managemen in the Public Service, John D Millet mengungkapkan bahwa arti manajemen adalah proses dalam memberikan arahan pekerjaan kepada orang-orang dalam suatu organiasasi guna mencapai tujuan.

5. James A.F Stoner
James A.F Stoner berpendapat bawa manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, dan penggunaan sumber daya organisasi yang lain dalam rangka mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

6. Lawrence A. Appley
Definisi manajemen secara singkat menurut Lawrence adalah Manajemen sebagai seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

7. Wilson Bangun
Definisi Manajemen menurut Wilson Bangun adalah rangkaian aktivitas-aktivitas yang dikerjakan oleh tiap-tiap anggota organisasi untuk mencapai tujuannya.

8. Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel
Buku yang ditulis oleh Harold Koontz dan Cyrill O’Donnel yang berjudul The Principles of Management, mengemukakan mengenai pengertian manajemen. Pengertian manajemen didefinisikan sebagai cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.

9. Hilman
Hilman, berpendapat bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui perantara kegiatan orang lain serta mengawasi usaha-usaha setiap individu guna mencapai tujuan yang sama.

10. Federick Winslow Taylor
Definisi Manajemen menuru Federick adalah sebuah percobaan yang dilakukan secara sungguh-sungguh guna menghadapi setiap persoalan yang muncul dalam setiap kepemimpinan perusahaan atau organisasi lain atau setiap sistem kerjasama yang dilakukan setiap manusia dengan sikap serta jiwa seorang sarjana serta penggunaan alat-alat perumusan.

11. Encylopedia of the Social Science
Manajemen menurut ensyclopedia of social science mengungkapkan bahwa pengertian manajemen ialah suatu proses yang pelaksanaan tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

Itulah pengertian Manajemen menurut beberapa ahli. Mohon maaf jika tidak semua ditulis lengkap beserta Sumber daftar pustakanya, hanya sebagian yang bisa admin SarjanaIndustri.com telusuri ke valid anya, dan informasi lainya kita cari sebisa mungkin buku-buku yang menerbikan sehingga bisa untuk rujukan kalian dalam membuat daftar pustaka  

0 Response to "Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli Yang Bisa Digunakan Sebagai Sumber Daftar Putaka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel